Breaking News
Loading...
Saturday, November 24, 2012

Optimizing Windows XP

optimizing, windows, xp, tips, trik
Meskipun sekarang Windows 8 telah hadir dengan performa yang menjanjikan, tapi pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP masih relatif banyak. Bahkan, saya juga masih menggunakan OS Windows XP. Nah, bila anda merasakan komputer anda berjalan lebih lambat dari sebelumnya, maka anda bisa meningkatkan kinerja Windows XP. Seperti diketahui, sistem XP selalu mengalami penurunan kinerja, artinya kinerjanya tidak sebagus awal.

Penurunan kinerja komputer memang tidak selamanya dari hardware, tapi dari sistem operasi pun juga bisa, dalam hal ini adalah XP, seperti penginstalan program aplikasi , sehingga menyebabkan crash, penumpukan file-file sampah, atau terjadinya fragmentasi pada hardisk. Hal-hal seperti itulah yang paling sering jadi penyebab turunnya kinerja sistem XP.

Untuk bisa mengembalikan performa XP, di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Windows XP secara sederhana.
  1. Langkah pertama adalah mem-backup sistem. Ini cukup berguna bila nanti terjadi crash saat anda menginstall aplikasi baru. Untuk melakukan backup ini, anda bisa menggunakan software-saftware backup yang banyak tersedia. Tapi, lebih mudahnya anda gunakan saja fitur backup yang sudah disediakan XP.
    Untuk melakukan backup, login-lah pada adminsistrator, pilih "Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Backup". Langkah selanjutnya, ikutilah kotak dialog yang ditawarkan XP.
  2. Cek kondisi hardisk bila terjadi kesalahan. Hal ini cukup penting, karena bisa saja hardisk mengalami kerusakan dan membuat XP berjalan lambat. Untuk mengecek kondisi hardisk, klik icon My Computer, klik kanan icon drive C:, pilih Properties. Dari situ, pilih tab Tools dan klik tombol Check Now. Lakukan langkah tersebut untuk mengecek kondisi disk yang lainnya.
  3. Defragment hard drive. Penggunaan PC yang lama besar kemungkinan terjadinya fragmentasi pada hardisk. Fragmentasi inilah yang menyebabkan kinerja PC jadi lambat. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan proses defragmnetasi, yaitu mengembalikan urutan bagian file sehingga computer data membaca file lebih cepat.

  4. optimizing, windows, xp, tips, trik

  5. Untuk melakukan proses defragmentasi, klik "Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter". Sorotlah drive yang akan di defragmentasi, lalu tekan tombol analyze. Tunggulah beberapa saat, XP nanti akan merekomendasikan proses defrag. Bila XP merekomendasikan proses defragmentasi, klik acon Defragment.
  6. Hilangkan spyware. Saat ini banyak sekali spyware yang berkeliaran, apalagi bila komputer anda terhubung dengan internet. Untuk mencegah datangnya spyware ini, gunakanlah anti-spyware yang up to date. Atau bisa menggunakan anti-spyware yang gratis seperti Spybot Search & Destroy atau Ad-aware.
  7. Hapus file sampah. File sampah atau file yang sudah tidak berguna lagi jelas akan mempengaruhi kinerja komputer. Untuk mendeteksi file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, klik menu "Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Cleanup" dan pilih drive yang ingin dibersihkan. Jangan khawatir, karena XP hanya menganalisa dan menampilkan file yang sudah tidak dipergunakan lagi.
  8. optimizing, windows, xp, tips, trik
  9. Setelah semua langkah tadi, backup-lah sistem anda lagi. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer