Breaking News
Loading...
Friday, March 6, 2015

Tips Memulai Bisnis Online Shop Sendiri

9:13 AM
Posted by: Basyiri Rahmanto (14.01.3456)

online, shop, bisnis, internet, buy, how, step, tips

I. PENDAHULUAN
Sekarang ini, banyak sekali cara kita untuk bisa berbisnis. Salah satu yang sedang berkembang dan marak saat ini adalah toko online shop. Caranya yang mudah dan tak terikat jam kerja membuat banyak orang menggeluti usaha ini.

II. ISI
Saat kita ingin membuat sebuah online shop, e-commerce atau yang lainnya, modalnya sama saja seperti saat kita ingin membuat situs-situs lainnya. Yang pertama adalah platform yang kita gunakan. Sesuaikan templete blog dengan jenis online shop yang akan kita buat. Saat ini ada banyak sekali jasa yang menyediakan templete di internet, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Buatlah tampilan online shop anda semenyakinkan mungkin. Maksudnya, tampilan online shop anda itu harus bisa meyakinkan pembeli kalau itu adalah online shop, disebabkan belakangan ini sering terjadi kasus penipuan yang berkedok online shop. Juga cantumkan deskripsi yang lengkap dan benar soal barang yang anda jual beserta nomor yang bisa dihubungi. Alasannya adalah untuk mendapatkan kepercayaan peanggan. Jika hal tadi anda lakukan, pelanggan akan merasa lebih aman berbelanja di situs anda.

Langkah berikutnya adalah memilih nama domain untuk online shop anda. Pilihlah nama domain yang menarik dan mewakili barang yang anda jual di situs tersebut. Misalkan online shop yang khusus menjual produk kecantikan, maka bisa anda gunakan domain "Make Beauty". Langkah selanjutnya adalah mencari hosting. Carilah hosting yang cukup bagus. Bila peru gunakan jasa hosting yang sudah terkenal. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang nanti bisa mengganggu kinerja situs anda, seperti server down, atau bandwith sudah maksimal dan sebagainya. Saran saya adalah, khusus untuk toko online carilah server luar, karena server lokal biasanya memiliki harga mahal atau limit bandwitnya yang terbatas. Hal ini memang tidak terlalu berpengaruh jika situs anda tidak memiliki pengunjung yang sangat banyak, tapi kalau pengunjung online shop anda sudah mencapai ribuan per harinya, saya rasa server down bukan tidak mungkin. Bisa menjadi alasan yang sangat jelas terlihat bahwa toko online anda tidak bisa diandalkan di kaca mata pembeli.

Setelah dua hal diatas anda lakukan, langkah berikutnya adalah mencari supplier (pemasok) untuk produk yang akan anda jual nanti. Yang harus diperhatikan disini adalah, pilihlah produk yang berkualitas namus memiliki harga yang 'masuk akal' atau bisa di terrimaoleh pasar.

Jika situs online shop anda sudah siap, supplier juga sudah ada, selanjutnya adalah mempromosikannya. Bisa dengan cara SEO, SEM, atau SMM, cara apa saja boleh, karena intinya adalah anda harus memberitahukan pada orang banyak bahwa anda mempunyai toko online yang bisa dipercaya dan menawarkan harga yang lebih baik. Sebuah online shop bisa sukses jika mempunyai 4 hal, yaitu harga terjangkau, terpercaya, lengkap, dan promosi.

Reference: BisnisAbiz

1 comments:

  1. Sipp bener banget tuh, promosi menjadi hal terpenting. Punya produk bagus tidak bisa promosi sama saja bohong :-)

    izin share gan, kami menjual HDD eksternal murah

    HD Portable 2TB Toshiba Simple USB 3.0 Rp 1.443.000

    Spesifikasi

    Kapasitas: 2TB 1
    Interface: USB 3.0
    Tingkat Transfer: Hingga 5 Gb / s
    Kecepatan: 5.400 RPM
    Rata-rata Carilah Waktu: 12ms
    Cache Buffer: 8MB
    Ukuran: 3.1in (W) X 0.83in (H) X 4.7in (D)
    Warna: Hitam
    Berat: 7.8 oz.

    Untuk produk lainnya silahkan kunjungi : www.els.co.id

    Terimakasih :)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer